Cerpen “Cita- citaku Menjadi Seorang Astronot”

Cerpen

“Cita- citaku Menjadi Seorang Astronot”

Karya : Khanza Azzuhra

Kelas : V AL – Hafidh

Pada suatu hari, aku sedang belajar di kelasku yaitu kelas V Al-Hafidz. Nah, disini masuk guru pelajaran ppkn dan pelajarannya membahas tentang cita-cita. Aku dan teman-teman mendengarkan penjelasan guru. Disaat belajar aku dipanggil oleh ibu untuk maju kedepan mengenai cita-citaku, aku pun maju kedepan. Ibu guru berkata “Nak, silahkan memberitahukan cita-cita yang suatu saat nanti ingin kau gapai “, “teman-teman jadi aku akan memberitahu kalian kalau suat saat nanti aku ingin menjadi seorang astronot yang terbang keluar angkasa” jelasku kepada teman-teman. Teman-teman dan ibu guru bertepuk tangan, “terima kasih nak, semoga cita-citamu tergapai, aminnn” sambung guruku.

Pada pukul 10.20 bel istirahat pun berbunyi, teman-teman mengajakku jajan dikantin sekolah yaitu kantin sehat Nadhifah. Setelah jajan kami mengobrol-ngobrol dikursi dekat lapangan sekolah dan bel pun kembali berbunyi bertanda waktu istirahat telah usai. Aku dan teman-teman segera masuk kedalam kelas, setelah itu kami melanjutkan pelajaran yang lain. Beberapa saat kemudian bel berbunyi lagi bertanda sudah waktunya pulang. Aku menunggu jemputan bersama teman-temanku, berapa saat kemudian ibuku dan ayah menjemputku.

Didalam mobil ibu bertanya padaku “pelajaran apa yang kau pelajari tadi ?”, aku pun menjawab “tadi yang pertama masuk pelajaran ppkn, kami belajar tentang apa itu cita-cita terus aku dipanggil oleh guru untuk maju kedepan mengenai cita-citaku, dan masih banyak pelajaran yang lain”. “ohhh begitu, dirumah ada nenek lgo dari kampung” jelas ibuku. “Yesss, ada nenek dirumah” aku berteriak kesenangan.

 

Sesampainya dirumah, aku melihat nenekku yang sedang bermain bersama adik kecilku, nenek senang melihatku karena sudah besar sekarang. Aku langsung menghampiri nenek dan bersalaman dengan nenek,”nak tadi kamu belajar apa” tanya nenek, ketika aku ingin menjawab tiba-tiba ibu datang dan langsung menjawab “ tadi dia belajar tentang cita-cita”. “iya nek, tadi aku juga disuruh maju kedepan untuk menyampaikan cita-citaku nek” jelasku pada nenek. Nenek berkata “kamu ingin menjadi astronot karena mau berjumpa dengan alien ya, hahaha”, “nenek ada saja” sambungku. Nenek pun berkata “Bagus cita-citamu nak! semoga cita-citamu bisa tergapai”
Tak lama kemudian malam pun tiba, aku dan keluarga berkumpul di ruang tamu sambil berbincang-bincang. Tiba-tiba nenek memintaku untuk bercerita asal-usul aku ingin menjadi astronot. Aku pun bercerita “Waktu aku masih umur 6 tahun, aku lihat diiklan ada astronot terbang keluar angkasa dan aku penasaran bagaimana diluar angkasa, aku ingin melihat planet-planet lainnya selain bumi, oleh karena itu aku ingin menjadi astronot. Seraya keluargaku bertepuk tangan

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Artikel Terkait

Legenda Danau Laut Tawar

Sumber Youtube MIN 27 Aceh Besar Dari video ini menceritakan tetntang kisah Danau laut Tawar dalam bentuk story telling. Story telling ini dibawakan oleh Nurul Izzah siswi MIN 27 Aceh Besar pada ajang lomba Marssal 8 MTsN Model Banda Aceh. Dalam story telling ini menceritakan pada zaman dahulu di tanah Takengon, Aceh hiduplah seorang putri

Baca selengkapnya...

Sang Inspirator

    Menurut Peter F.Drucker, “Pemimpin yang efektif bukan soal pintar berpidato dan mencitrakan diri agar disukai. Kepemimpinan tergambar dari hasil kerjanya, bukan atribut-atributnya”. Berbicara mengenai pemimpin … sosok kepala Madrasah MIN 27 Aceh Besar sudah malang melintang dalam dunia pendidikan, sudah banyak sekolah yang dibawah kepemimpinan beliau berhasil menjadi sekolah favorit. Hal tersebut tidaj

Baca selengkapnya...