Kegiatan Perkemahan Jumat Sabtu Minggu (PERJUSAMI) MIN 27 Aceh Besar di Bumi Perkemahan Kota Jantho

https://youtu.be/LOn6Sxdmfc0?si=vDMOm7kNa5sRm8kX

MIN 27 Aceh Besar Sukses Gelar PERJUSAMI

Salam Pramuka telah bergema di gugus depan MIN 27 Aceh Besar dan di bumi perkemahan Kota Jantho. Setiap hari selasa MIN 27 Aceh Besar melaksanakan kegiatan rutin mingguan latihan pramuka.

Bertepatan dengan hari Jumat, 11 Agustus 2023 pangkalan MIN 27 Aceh Besar melaksanakan kegiatan rutin tahunan yaitu kegiatan PERJUSAMI (Perkemahan Jumat Sabtu Minggu ) untuk meningkatkan minat siswa dalam mengikuti kegiatan pramuka di Madrasah dan untuk menanamkan kesadaran kepada siswa akan pentingnya nilai-nilai yang terkandung dalam Dasa Darma Pramuka juga untuk mendukung kreatifitas dari adik-adik pramuka min 27 Aceh Besar.

Kegiatan PERJUSAMI dilakukan mulai dari tanggal 11-13 Agustus 2023 dalam rangka merealisasikan program kerja Pramuka MIN 27 Aceh Besar, kegiatan ini diikuti oleh 111 peserta dengan rincian adik-adik pramuka putra sejumlah 59 siswa dan adik-adik pramuka putri sejumlah 52 siswi, serta Dewan Guru Madrasah yang berjumlah 15 guru ikut berpartisipasi dalam menyukseskan kegiatan ini, termasuk Ibu Kepala Madrasah, Ibu Naswati, S.Ag yang ikut turun langsung ke lapangan dalam kegiatan pramuka selama 3 hari 2 malam di bumi perkemahan Kota Jantho beserta Pembina pramuka MIN 27 Aceh Besar juga terlibat dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan ini bertujuan untuk melatih kemandirian, keberanian , kedisiplinan, kekompakan, tangung jawab dan banyak hal positif lainnya seperti yang tertera dalam pedoman anggota pramuka atau Dasa Darma Pramuka.

PERJUSAMI ini dibuka langsung oleh Ketua Harian Kwarcab (Kwartil Cabang) Aceh Besar yaitu T. Raden Sulaiman atau biasa dipanggil Kak Ampon Man, beliau menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada Pramuka MIN 27 Aceh Besar karena yang pertama kali menyelenggarakan kegiatan dalam tahun ini di Bumi Perkemahan Kota Jantho dari jenjang sekolah dan untuk pertama kalinya di tingkat Sekolah Dasar.

Beliau juga menyampaikan terimakasih untuk dukungan KAMABIGUS ibu Naswati S.Ag. yang telah memberikan ruang gerak kepada Pembina Pramuka MIN 27 Aceh Besar sehingga perkemahan ini dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar tanpa kurang satu apapun, beliau juga berpesan semoga Pembina pramuka dapat memaksimalkan Pendidikan Pramuka di gugus depan dan semoga kegiatan ini menjadi pengalaman berharga bagi peserta didik semuanya.

Kegiatan-kegiatan yang menyenangkan turut dihadirkan dalam PERJUSAMI ini mulai dari yel-yel, nobar (nonton bareng), aneka macam game ,juga berbagai macam materi yang di berikan Pembina pramuka pada peserta didik MIN 27 Aceh Besar, hingga kegiatan di malam hari yaitu upacara api unggun gembira turut dilaksanakan.

Dalam upacara ini ibu Naswati S.Ag menjadi Pembina upacara, beliau juga menyampaikan terimakasih kepada segenap peserta yang telah berpartisipasi pada kegiatan ini dan semoga kegiatan ini menjadi pembelajaran yang berharga untuk peserta didik semuanya dan beliau bepesan semoga dengan adanya kegiatan ini menambah minat peserta didik untuk lebih giat lagi dalam mengikuti kegiatan pramuka kedepannya. Dalam kegiatan PERJUSAMI ini juga ada kegiatan yang tidak kalah menarik yaitu hiking ke panorama park.

Semua kegiatan ini dapat terlaksana karena dukungan dan support dari semua pihak. Mulai dari KAMABIGUS, ibu Naswati S.Ag yang telah menganggarkan dana untuk kegiatan ini , Dewan Guru MIN 27 Aceh Besar yang langsung turun kelapangan bersama peserta didik yaitu Ibu Afridayani S.Ag, M.pd , Ibu Nur Afni S. Pd.I, Ibu Reza Sukma Dewi S.pd, Ibu Wilda Num Hafsiah S.Ip, Bapak Zainun S.Ag, Ibu Rita Diana S.Pd.i, Ibu Syukriani S.pd .i, Ibu Nur Hasna S.Ag , Bapak Muammar S.Sn, Ibu Sri Hastuti S.Pd.I, , Ibu Munira S.Pd.i , Bapak Mujahidin S.Pd.I, Bapak Muhammad Dani Alfisa, Muhammad Arifin dan juga di bantu oleh Pembina Pramuka MIN 27 Aceh Besar yang sudah bersertifikasi KML yaitu Fasbir, Ahmad Virza, Saifullah, Nurmayasari Dan Ainul Husna serta dukungan dan bantuan Wali Murid yang mengizinkan anaknya untuk mengikuti kegiatan ini. Bantuan tranportasi juga berupa 3 buah mobil truk reo dari kodim 0101/bs yang dikirim untuk membawa seluruh peserta MIN 27 Aceh Besar serta susu Zee ikut membantu mensuport piala untuk kegiatan ini.

Kegiatan PERJUSAMI di tutup dengan hiking yang berakhir di Panorama Park . Seluruh peserta dan juga Dewan Guru menikmati suasana Panorama Park hingga tiba saatnya kembali ke Madrasah dengan di jemput oleh 3 mobil truk Reo tentara.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Artikel Terkait

Legenda Danau Laut Tawar

Sumber Youtube MIN 27 Aceh Besar Dari video ini menceritakan tetntang kisah Danau laut Tawar dalam bentuk story telling. Story telling ini dibawakan oleh Nurul Izzah siswi MIN 27 Aceh Besar pada ajang lomba Marssal 8 MTsN Model Banda Aceh. Dalam story telling ini menceritakan pada zaman dahulu di tanah Takengon, Aceh hiduplah seorang putri

Baca selengkapnya...

Sang Inspirator

    Menurut Peter F.Drucker, “Pemimpin yang efektif bukan soal pintar berpidato dan mencitrakan diri agar disukai. Kepemimpinan tergambar dari hasil kerjanya, bukan atribut-atributnya”. Berbicara mengenai pemimpin … sosok kepala Madrasah MIN 27 Aceh Besar sudah malang melintang dalam dunia pendidikan, sudah banyak sekolah yang dibawah kepemimpinan beliau berhasil menjadi sekolah favorit. Hal tersebut tidaj

Baca selengkapnya...