Kompetensi Sains Siswa Muslim Indonesia (KOSSMI) 2023
Cerpen

By : Bunayya Shalihah (Perscil MINAT Tabloid)

2 Juni 2023

Assalamualaikum wr.wb.
Halo teman teman…
perkenalkan nama saya : Bunayya Shalihah.
Saya akan menceritakan tentang pengalaman saya dijakarta saat mengikuti Final lomba: KOSSMI
( Kompetensi Sains Siswa Muslim Indonesia ) 2023.
Simak baik baik ya teman temann…Cerita Dimulai…:

Pada hari kamis tanggal : 18 Mei 2023 saya diantar kebandara oleh keluarga.sesampai disana , ternyata ibu kepala madrasah ( ibu Naswati ) sudah duluan hadir , disana juga sudah tiba bang arib dan bang syafiq beserta keluarganya masing masing.
Oh yaa…teman teman , sudah kenal belum sama bang arib dan bang syafiq ?
Mereka adalah : peserta KOSSMI dari bidang matematika dan ipa level 2.sedangkan saya bidang matematika level 1.
Mereka sudah sangat berpengalaman lhoo…
Mereka juga sudah beberapa kali ke jakarta untuk mengikuti lomba olimpiade sedangkan saya baru pertama kalinya mengikuti lomba dijakarta.
Setelah berkumpul semua kami foto bareng lalu kami bersalaman dengan abi , ummi , sepupu, adik , dan keluarga lainnya …

Saya dan bang arib juga bang syafiq beserta ibu kepala madrasah segera cek-in untuk menaiki pesawat.teman teman kalian tau gak pesawat apa yang mau kami naikin?
Hayoo tebak…pesawat yang mau kami naiki adalah pesawat : batik.kata abi , pesawat batik satu group sama pesawat lion bisa kita bilang adiknya lion.saya sangat senang saat mau menaiki pesawat karena baru pertama kalinya.
Sesudah cek-in kami turun dari bandara dan naik ke pesawat. abi dan ummi melembaikan tangan pada saya dan saya juga melambaikan tangan kepada mereka dengan perasaan sedih campur senang.kami berangkat kejakarta pukul : 15.00 siang.
Didalam pesawat saya melihat pramugari yang cantik dan tinggi.saya juga melihat banyak orang yang sedang mengangkat tas/koper kedalam kabin pesawat dibantu oleh pramugari.
Setelah melihat kejadian tersebut tiba-tiba saya bertanya kepada ibu naswati.
“ bu , kenapa pramugari tinggi tinggi ? “
Jawab ibu naswati.
“ karena , agar bisa menutup dan membuka kabin pesawat yang tinggi ha..ha..ha..
Nah…sudah paham kan tentang itu..sekarang kita lanjutkan ceritanya yukk…
Saat pesawat sudah terbang , saya melihat hal yang menakjubkan dibawah sana !
Saya melihat awan berbentuk seperti sungai yang mengalir.sepertinya itu memang sungai yang mengalir deras dibawah sana !
Saya tidak mengantuk melihat pemandangan yang sangat indah dipandang.melihat awan , dan langit yang biru.pesawat terbang tinggi diatas awan.tiba tiba saya merasa ingin berjumpa dengan ummi dan abi lagi hehehe…!

Saat waktu makan siang dipesawat.datang pramugari membawa makanan dan minuman yang lezat.penumpang dipesawat semua memakan kue tersebut.akhirnya pesawat pun mendarat.entah kenapa telinga saya sakit saat pesawat mendarat ?
Mau tau teman teman ?
Karena , tekanan udara sangat kuat diatas sana yang sangat tinggi.makanya telinga kita sakit.semua penumpang mengalaminya.kalau sudah terbiasa gak sakit lagi kokk…
Sekitar 2 jam 30 menit , kami tiba di Bandara SOEKARNOE HATTA pukul : 17.30.sesudah pesawat turun kami menaiki bis menuju tempat pengambilan koper.ternyata bandara nya sangat luass…sehingga kami harus menaiki bis ketempat pengambilan koper.kemudian kami dijemput oleh anak dan cucu ibu kepala madrasah yang tinggal dijakarta.setelah menaiki mobil , kami singgah ke : McDonald’s untuk makan malam.
Saya menginap dijakarta 6 hari 6 malam.kami disambut dengan baik oleh keluarga anak ibu kepala madrasah yaitu bang Aqiel beserta istrinya kak Isma dan kak Hani(anak perempuan Ibu).ada juga cucu ibu naswati yang bernama : ayel dan syanum.mereka sangat imut dan lucuu…jadi teringat adik adik saya dirumah.lagi pada ngapain ya merekaa…?
Malam pertama ( malam jum’at ) kami tidak kemana mana.karena , kami harus belajar untuk persiapan lomba.kami sholat isya dan qadha magrib.keesokan harinya ( hari jum’at / hari pertama ) , kami bangun lalu mandi dan sholat subuh. kami sarapan pagi juga lanjut belajar bersama sama.

Malam kedua ( malam sabtu ) , sore pun tiba…kami mandi.dan duduk duduk sementara menunggu azan magrib didalam rumah.setelah sholat magrib , kami lanjut belajar lagi dan istirahat.saya dan bang arib juga bang syafiq dipanggil oleh ibu naswati untuk makan malam.Setelah makan malam , tiba tiba : “  ALLAHUAKBAR  ALLAHUAKBAR… “
Azan isya berkumandang…kami semua segera berwudhu dan sholat.setelah itu saya segera tidur.kami tidak belajar lagi karena besok hari lomba.cukup istirahat sajaa…
Hari lomba pun tiba…( hari sabtu / hari kedua )
Kami bersemangat sekali untuk mengikutinya…saya langsung mandi dan sholat subuh…kami langsung bersiap siap untuk berangkat…oh yaa…saya lupa bilang kepada teman teman ! saya mengikuti lomba Final KOSSMI di gedung UI ( Universitas Indonesia ) katanya UI adalah universitas tertua diindonesia lhoo..kami berangkat kesana bersama ibu Naswati dan Kak Hani (anak Ibu naswati ),kami sarapan disana kemudian saya diantar ke ruangan.ternyata ruangan lomba saya dilantai 5…
saat sudah didepan pintu ruangan saya dan ibu kepala madrasah langsung masuk kedalam ruangan.saat saya masuk kedalam ruangngann.Ter nyataa…perasaan saya agak asing…saya langsung duduk dimeja yang sudah disediakan.ibu naswati memperingatkan saya untuk membaca basmallah sebelum menjawab soal.
Saat datang panitia lomba dalam ruangan…saya sangat gemetar melihat lembaran soal…saya mengharap semoga bisa menjawab soal dengan perasaan senang dan gembira…saat dibagikan lembaran soal.ternyataa…soalnya lebih sulit dari babak penyisihan dan semifinal…ada yang mudah juga` sihh…saya membaca “ BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM “ untuk mempermudah segala urusan…saya berusaha mengerjakan soal semampu saya, alhamdulillah sebagian soal bisa saya jawab. Dan waktupun hampir habis, dalam hati saya berdoa  agar jawaban saya benar semua…aamiin
Setelah mengikuti lomba kami diajak ibu melihat lihat kampus UI dan berfoto bersama, setelah itu kami segera pulang kerumah.kami segera mengganti baju untuk pergi ke: Monas…WOWWW saya ingin sekali melihatnya…kami sholat zuhur dulu ,dan berangkat…sesudah sampai di monas.saya melihat pemandangan yang luar biasa…saya melihat ondel ondel , dan  perpustakaan nasional.disana kami duduk duduk dipadang rumput samping kolam ikan…SERUNYA !
setelah melihat lihat saya diajak sama mereka untuk pergi kepasar disamping menara monas…saya membeli oleh oleh untuk adik adik…membeli kamera balon , baju bergambar monas untuk adik , gantungan untuk sepupu juga teman teman, dan kacamata untuk saya.sebenarnya saya juga mau kasih oleh oleh untuk abi dan ummi…tapi kata ummi gak usah aja…”yang penting kakak sehat dan selamat”…baik umi
Sesudah membeli oleh oleh kami segera pulang kerumah karena sudah hampir magrib.malam ketiga (malam minggu ) saat sampai kerumah saya langsung mandi soalnya udah telat…lalu shalat magrib.beberapa menit kemudian isya pun tiba…kami lanjut shalat isya.karena masih ada waktu bermain , saya sama syanum : ( cucu ibu naswati ) bermain kamera balon milik adik saya…hehehe !

Karena keasyikan bermain , kami pun mengantuk.ibu naswati menyuruh kami semua untuk tidur…karena besok pengumuman juara lomba KOSSMI.WOWW Gak sabarnyaa…saya menyimpan kamera balon dan langsung tidur…
Keesokan harinya ( hari minggu / hari ketiga ) hari yang kami tunggu tunggu…!
Saya langsung mandi, shalat subuh , dan bersiap siap untuk pergi ke gedung UI.
Dan kami berangkatt…!
Kami sarapan disana…saya berdo’a semoga saya bisa menang walau hanya dapat : HONOREBEL MENTION.
Saat memasuki ruangann…saya agak takut.saya pikir saya tidak menang…setelah itu , saya duduk dikursi yang telah disediakan bersama bang arib dan bang syafiq…ibu guru pendamping menaiki lantai 2 untuk mendengarkan pengumuman.
Setelah kami duduk duduk…tiba tiba…! : “ CEK 1 2…SUARA DICOBA CEK CEK…“
Terdengar suara abang dan kakak mahasiswa yang sedang cek Mixrovon. itu tandanya acara akan dimulai lhoo…saya gak sabar lagiii !
Acaranya pun dimulai…ternyata sebelum pengumuman…banyak penampilan yang luar biasaa…WOWW sangat menakjubakann…!
Ada penampilan : robot menari , experimen ,  bahkan ada penampilan tari.robot tersebut diciptakan oleh : kakak kakak / abang abang yang ada di UI jurusan experimen sungguh,sangat luar biasaaa…saat dipencetkan hansanitizer ke apii..tiba tiba apinya menyala gedek bangettt…!
Ada juga experimen yang bisa mengumpulkan awan dari langit. Seruu banget lhoo…nahh teman teman…saya ada lihat tari piring.tarinya dimainkan dengan cara memegang piring ditangan.iii Ngerii…

Setelah kami tunggu beberapa menit.akhirnya , pengumuman pemenang pun dimulaii…
HONOREBEL MENTION MEDALI : ….. Muhammad azhar syafiq …..
SILVER MEDAL:…..Ahmad arib……
Ternyata  yang mendapatkan medali KOSSMI hanyalah bang arib dan bang syafiq.
Sedangkan saya belum beruntung…saya hanya menjadi “ PESERTA FINALIS KOSSMI “
Saya membayangkan abi dan umi dirumah juga sedang menonton acara lewat  live, pasti mereka sedih….tapi kata ummi” yang penting kakak sudah berusaha apapun hasilnya itu yang terbaik”
Ibu kepala madrasah menyemangati saya untuk tidak bersedih karena tidak menang…saya juga bersemangat lagi agar kedepan belajarnya lebih giat lagi.setelah bercakap cakap sebentar kami foto bersama sebagai kenang kenangan bagi peserta KOSSMI dan para pemenangnya.ibu kepala madrasah mencetak piala untuk kami bertiga.kami pun pulang dari gedung UI dengan perasaan bahagia.
Sesampainya dirumah , kami diajak sama anak ibu naswati untuk pergi bermain ke kolam renang  WATER PARK.kami segera bersiap siap dan membawa pakaian renang lalu berangkat…!
Kami pun sampai dikolam renang.saya memesan mie bakso.setelah makan mie bakso , saya mengajak kak hani ( Anak ibu naswati ) untuk membeli kacamata renang. saya mengganti pakaian.dan kamipun bermain bersama dikolam renang.saat bermain saya melihat plosotan yang sangat tinggi…mereka mengajak saya menaiki plosotan tersebut.awalnya saya ragu ragu , tapi kelihatannya sangat menyenangkan…
Saya puas sekali bermain di : WATER PARK…setelah bermain saya mengganti pakaian juga membereskan barang masing masing untuk pulang kerumah…malam pun datang…( malam senin / malam keempat ) kami semua sholat di hotel : ALYA…saat dalam perjalanan menuju rumah , kami semua merasa laparrr…dan kami membeli nasi goreng khas Jakarta.setelah itu kami tiba dirumah…kami segera makan.ternyataa nasi gorengnya sangat enak dan gurih lhoo…jadi kepingin lagi hehehe !
Keesokan harinya…( hari senin / hari keempat ) kami semua pergi kerumah makan : “AMPERA“.saya memilih makanan udang dan ikan bumbu bakar juga minuman jus strawberry.setelah sarapan disana , kami lanjut pergi ke MALL.kami makan siang di MALL tersebut , dengan menu KFC.setelah makan siang , kami diajak untuk pergi ketempat bermain…saya sangat senang karena bermain di MALL yang memuaskann.
WOWW…kelihatannya seruu yaaa…!
Saya bermain kuda kudaan , bermain lempar lemparan , dan bermain base ball saya tidak sadar bahwa kami bermain sudah berjam jam lebih lhoo…! akhirnya kami diajak pulang karena sudah malam…( malam selasa / malam kelima ).kami membeli sate dengan topping bumbu kacang.kamipun makan dirumah…besoknyaa..( hari selasa / hari kelima ) kami teringatt hari ini hari terakhir kami dijakarta..
Kami menghabiskan waktu bersama dengan penuh rasa gembiraa…kami diajak lagi ke MALL ..Hmm…kemarin , pergi ke MALL nya untuk bermainn.sekarang untuk apaa yaa ?
Pasti untuk belanja doongg…AHAHAHA…kami belanja di MALL sampai sore…udah malam rabuu / malam ke enamm…malam terakhir kami tinggal dijakarta…kami lanjut shalat dan makan malam…menunya enakk bangett…saya makan PIZZA dan HAMBURGER.saya tidak pernah makan makanan semewah itu..

Setelah makan malam , kami lanjut nonton bioskopp…saya juga belum pernah bioskop yang kami nonton judulnya : “ GUARDIANT OF THE GALAXI “
Film nya tentang luar angkasaa lhoo…saat mau masuk ruangnyaa..ternyataa , layarnya gedek bangett…suaranyapun jelas kita dengar , kalau udah mulai film , lampunya dimatiin.biar jadi seru dan meriahh…karena filmnya lama sekali saya merasa ngantuk saat menontonnya…akhirnya film bioskop pun berakhir kami segera keluar dan duduk duduk sebentar melihat gedung gedung yang tinggi…kami berada di laintai paling tinggi lhoo…
Saat melihat kebawahh…ngeri bangett.rumahnya kecil kecil terus berdempetann.WOWW..sangatt indah dilihat..! Ibu Naswati juga mengajak foto bareng…makasih ya ibu, insyaallah semua foto, saya simpan baik-baik dan jadi kenangan indah bersama ibu dan keluarga.
Karena sudah sangat mengantuk , kami pun pulang…saya melihat rumah Spongebob yaitu patung berbentuk buah nanas.kamipun segera menaiki mobil dan segera pulangg.akhirnya kamipun sampaiii…kami tidur pulas sekali karena , sangat mengantuk.
Pagipun tibaa..
Kami segera mandi lalu shalat.kami memakai seragam KOSSMI.dan bersiap siap juga membereskan koper masing masing..kami melewati jalan TOLL untuk pergi kebandara SOEKARNOE HATTA. Ketika melewati jalan TOLL…saya melihat kemacetan yang sangat luar biasaa ! panjang sekali antreannya.sehingga tidak bisa dilewati…
Setelah sampai dibandaraa SOEKARNOE HATTA…kami segera sarapan pagi disana..soalnya kalau sarapan dirumah , nanti gak sempat pergi kebandara.kami makan cepat cepat , dan kemudian foto bersama sama untuk menjadi kenang kenangan . kami segera cek-in dan menunggu pesawatnya turun…kata ibu naswati , sebelum menaiki pesawat harus pergi ke toilet dulu,agar didalam pesawat , tidak berbolak balik ke toilet.
Setelah jam 11.30 pesawat pun tibaa…kami segera turun kebandara dan menaiki pesawat batik.didalam pesawat , saya sudah tau peraturan peratuarannya..harus tetap diam agar tidak mengganggu orang lain.dan tidak boleh mondar mandir ke toilet.juga tidak boleh bermain Hand Phone didalam pesawat…BAHAYA !
Saat pesawatnya sudah sampai dibandara SULTAN ISKANDAR MUDA…kami disambut oleh ibu dan bapak guru juga orang tua masing masing…saya sangat senang karena , bisa berjumpa dengan keluarga lagi…sebagai tanda kasih sayang..kami dihadiahkan sebuah buket yang berisi bunga dan camilan enak dari kantin jujur nadhifah…kantin MIN 27 ACEH  BESAR…Serunyaa…
Setelah foto bersama , kami berpamitan untuk pulang kerumah masing masing…
Setelah itu…saya dan keluarga pulang bersama dengan perasaan gembiraaa…!
TAMAT…

Inilah pengalaman saya dijakarta dalam mengikuti Final lomba KOSSMI ( Kompetisi Sains Siswa Muslim Indonesia ) 2023.
PESAN MORAL dari pengalaman saya ini adalah : teruslah belajar dan berdoa agar tercapai apa yang kamu cita-citakan.
Demikianlah cerita tentang pengalaman saya dijakarta…
Terima kasih telah membaca…
Asslamualaikum wr.wb.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Artikel Terkait

Legenda Danau Laut Tawar

Sumber Youtube MIN 27 Aceh Besar Dari video ini menceritakan tetntang kisah Danau laut Tawar dalam bentuk story telling. Story telling ini dibawakan oleh Nurul Izzah siswi MIN 27 Aceh Besar pada ajang lomba Marssal 8 MTsN Model Banda Aceh. Dalam story telling ini menceritakan pada zaman dahulu di tanah Takengon, Aceh hiduplah seorang putri

Baca selengkapnya...

Sang Inspirator

Menurut Peter F.Drucker, “Pemimpin yang efektif bukan soal pintar berpidato dan mencitrakan diri agar disukai. Kepemimpinan tergambar dari hasil kerjanya, bukan atribut-atributnya”. Berbicara mengenai pemimpin … sosok kepala Madrasah MIN 27 Aceh Besar sudah malang melintang dalam dunia pendidikan, sudah banyak sekolah yang dibawah kepemimpinan beliau berhasil menjadi sekolah favorit. Hal tersebut tidaj